Search This Blog

Memuat...

Jumat, 04 Februari 2011

Sekarang era nya mobil berhidung!

Jaman sekarang mobil harus punya hidung. Entah itu hidungnya pesek atau mancung. Yang pesek tentu diwakili grand max sama apv. Yang hidungnya mancung tentu si kembar xenia avanza.

Dulu pas saya kecil adalah zaman keemasannya suzuki carry. Mobil yang satu ini selain bandel, irit, juga muat banyak. Zaman dulu juga gengsi mobil ini lumayan tinggi. Saya masih ingat dulu suzuki carry keluarga saya. Wiih, rasanya kaya mobil terkeren sedunia, hehe. Banyak sekali jenis suzuki carry jebolan dari berbagai karoseri. Tapi tetep yang strata nya paling tinggi buatan karoseri adi putro, malang. Bahkan banyak yang adi putro abal abal dengan memasang stikernya.

Namun generasi carry punah dengan munculnya xenia – avanza. Mobil yang sebenarnya diset untuk menjadi mobil murah. Dulu saya masih inget xenia bermesin mirip hijet yang harganya 60jt an. Cukup murah untuk ukuran mobil baru. Seiring perkembangan zaman xenia pelan pelan naik kelas dengan tambahan berbagai fitur termasuk injeksi. Salah satu kunci kesuksesan xenia menurut saya karena mobil ini punya hidung, hehe.

Masih dari daihatsu, kemudian muncul grandmax. Suzuki carry yang tersisa sebagai kendaraan pik up semakin tergerus. Yah, walaupun hidung si grandmax ini pesek, tetep saja lebih mancung dari pada carry yang blas nggak punya hidung.

Ternyata Suzuki nggak tinggal diam. Dikeluarkanlah senjata pamungkas dengan hidung lebih mancung dari grandmax, yaitu pik up berwajah apv. Sebenarnya pik up apv yang dinamai mega carry ini sudah diproduksi sejak 2005 namun hanya untuk pasar ekspor. Sekarang juga dijual untuk pasar dalam negri. Kapasitas muatan naik dari carry biasa yang hanya 1 ton menjadi 1,5 ton. Harganya juga bikin kaget, on the road 84 juta. Wih, bahkan lebih murah dari price list pik up carry biasa yang saya dapat dari dealer suzuki sewaktu servis pik up saya kemaren, yaitu 88 jt. Dan yang pasti lebih murah dari grand max.

Selain punya hidung, ada lagi kelebihan dari segi desain menurut saya. Sekarang tidak ada kesan bak nya terlalu lebar karena seukuran sama kepalanya. Dulu pas awal belajar nyetir pik up saya pernah nyangkut di pagar rumah, karena baknya lebih lebar dari kepalanya, hehe.

Kita tunggu saja pik up berkepala apv ini mengaspal di jalan jalan…

sumber:

otomotifnet.com

okezone autos

0 komentar: