Search This Blog

Memuat...

Senin, 28 Februari 2011

Kenaikan Harga Yamaha Byson Secara Sepihak, akal akalan dealer atau karena ketidaktahuan konsumen?

Seperti yang pernah saya tulis beberapa waktu lalu (bisa dilihat di sini ) pas saya mampir ke tukang las karena dudukan plat nomor saya patah saya sempat ngobrol dengan bapak bapak yang ada di situ. Bapak tersebut bercerita bahwa temannya juga baru beli byson, seharga 22jt. Waktu saya kasih tau punya saya harganya 20jt kurang si bapak pun kaget. “loh, kok murah? katanya”.

Sayang saya tidak sempat bertanya tanya lebih jauh lagi misal belinya kredit atau cash, dan dengan harga segitu inden atau tidak, karena saya tergesa gesa meneruskan perjalanan karena sudah ditunggu teman saya.

Ada lagi juga komentar dari pengunjung blog ini :

Az147r says:

memang, dikota saya byson dijual 23 juta, akal2an dialer. tapi konsumen yang sudah sangat suka tetap merogoh kantong walau harganya segitu

Hmm.. menarik juga ya fenomena harga byson yang ternyata bisa melambung sedemikian tinggi. Mungkin ada beberapa hal yang terjadi di sini. Karena barang susah di dapat mungkin dealer yang punya stok memiliki bargaining power yang lebih tinggi. Ibaratnya kalau orang tawar menawar, klo gak mau ya sudah, lawong di tempat lain nggak ada, mungkin gitu. Di sisi yang lain konsumen juga awam dengan harga yang sebenarnya. Jadi manut saja ketika dipatok harga sedemikian tinggi.

kalau byson yang satu ini... priceless.. hehehe

Padahal ada cara mudah dan murah kalau konsumen mau sedikit jeli. Silahkan saja kroscek dulu ke website resmi. Biaya ke warnet paling 3500 rupiah, lumayan menghemat daripada membayar selisih harga jutaan rupiah. Cara ini juga saya pernah saya terapkan ketika bapak saya akan menukar carry pik up dengan yang baru (walaupun akhirnya nggak jadi, hehe). Di price list nya dealer harganya 90 sekian juta. Padahal saya lihat di website resmi cuma 80 sekian juta. Akhirnya setelah ngobrol2 memang harganya 80 sekian juta.

Nah, bagi yang mau beli byson / mungkin juga tipe dan merek lain nggak ada salahnya dicek dulu harga yang ditawarkan. Pengalaman saya, tidak semua dealer harganya sama. Bahkan ada yang bisa nego. Bandingkan harga dulu sebelum membeli. Bandingkan dengan harga di website resmi. Walaupun harga ini untuk area jakarta dan sekitarnya setidaknya bisa jadi patokan, harga tidak jauh dari itu. Kecuali kalau memang anda punya dana berlebih dan ingin sedikit “beramal”, silahkan beli gak usah pake tawar menawar, hehehe.

klo masih juga bingung nyari web nya gimana, harga resmi yamaha byson bisa di klik di bawah ini:

http://www.yamaha-motor.co.id/includes/templates/byson/spec.html

0 komentar: