Search This Blog

Memuat...

Senin, 28 Februari 2011

Kalau Jadi Terealisasi, Mampukah Mobil Murah Mencuri Pasar Roda Dua?

Mungkin sudah banyak yang tahu, untuk mendongkrak industri otomotif di Indonesia pemerintah menawarkan kepada para produsen otomotif untuk membuat mobil murah. Ada beberapa syarat utama untuk mobil murah ini, yaitu harga di bawah 100jt rupiah dan konsumsi bbm sekitar 20km/lt.

kalo ini masuk sini, jadi saingan berat panda geely y?

Sampai sekarang belum ada produsen yang secara resmi menyatakan akan memproduksi mobil dengan kriteria tersebut. Melainkan hanya sebatas desas desus. Nah, yang menarik untuk diprediksi adalah, apabila mobil murah ini benar benar terealisasi akankah mampu mencuri pasar roda dua?

Selama ini segment kendaraan roda empat dan dua memiliki gap yang lumayan jelas dan tidak saling memakan satu sama lain. Penyebab utamanya jelas karena harga yang jauh berbeda. Penyebab lain karena biaya untuk memelihara mobil tidaklah sedikit. Jadi mungkin saja ada keluarga yang memiliki beberapa motor yang notebene sudah seharga mobil. Keluarga ini lebih memilih motor karena lebih efisien. Karena biaya perawatan dan konsumsi BBM juga menjadi pertimbangan.

Dengan adanya mobil murah bisa jadi konsumen kendaraan roda dua mulai melirik bahkan berpindah ke roda empat. Karena mobil murah ini selain harganya murah juga didesain perawatan dan konsumsi bbmnya juga efisien. Dengan konsumsi BBM 20km/lt biaya operasional sehari hari pun terjangkau. Bahkan konsumsi BBM ini mungkin sama saja dengan beberapa tipe kendaraan roda dua. Kendaraan roda empat juga memiliki kelebihan dari segi keamanan dan kenyamanan.

Ada beberapa desas desus tentang calon mobil murah ini. Salah satunya dari suzuki. Dan contoh nyatanya bisa ditengok di India. Suzuki Maruti India memiliki beberapa tipe dengan harga miring, antara lain alto (tentang alto bisa di klik di sini ) dan a-star . Tipe tipe ini dibekali dengan mesin 3 silinder yang irit BBM. Mesin ini juga sudah digunakan di sini yaitu untuk karimun estilo terbaru.

Semoga saja mobil mobil murah ini benar benar terealisasi, dan kita lihat saja nanti apa yang terjadi, hehe.

0 komentar: