Search This Blog

Memuat...

Selasa, 12 Oktober 2010

Eksperimen dudukan plat nomor Yamaha Byson

Akhirnya plat nomor yamaha byson saya jadi. Ada senangnya ada juga nggak senangnya. Senang karena sekarang sudah benar benar legal mau muter muter kemana mana, nggak senang karena sadar bahwa desain byson akan “rusak” karena adanya plat nomor ini. Tau kan plat nomor depan byson letaknya di atas headlamp. Jadi bisa dikatakan ini adalah “windshield” atau ‘visor” paling aneh di dunia. Mau nggak mau saya pasang dulu di posisi “normal” sambil menyiapkan ide untuk dimodifikasi.

Akhirnya setelah bongkar –bongkar barang lama ketemu juga dudukan plat nomor variasi untuk honda GL saya. Setelah saya coba coba keliatannya bisa diakali dengan bantuan tukang las. Nggak pake lama akhirnya saya menuju ke tukang las. Setelah saya kelaskan panjang lebar pak tukang las nya pun paham. Sempat kendala baut yang susah dibuka, akhirnya saya bawa ke bengkel sebentar agar si baut bandel ini diketok pake obeng ketok. Masalah baut beres eksperimen dilanjutkan.

Saya sengaja membuat dudukan plat nomor mengikuti gerak tabung teleskopik bawah. Hal ini untuk mengurangi resiko plat nomor mentok sepatbor mengingat jarak yang mepet (pengalaman 2 kali sepatbor pecah, eh 3 kali ding, hehe). Dengan mengikuti gerak tabung teleskopik depan maka tidak mungkin mentok spatbor laawong spatbornya juga ngikut teleskopik bawah. Memang sih, agak kurang rapi, dan terkesan jadul, tapi mempertimbangkan faktor di atas saya memilih metode ini.

Setelah melalui proses potong – sambung akhirnya dudukan plat nomor saya jadi. Hmm.. lumayan daripada di atas headlamp. Cuma ada satu masalah lagi. Dudukan plat nomor depan byson menyatu dengan dudukan speedometer. Menyatu permanen, bukan sistem baut. Jadi kalau mau melepas harus dipotong, digergaji / digerinda. Nggak tega saya mau memotong dudukan ini. Motor masih kinyis kinyis kok sudah pake acara potong memotong. Akhirnya saya biarkan sembari berharap visor variasi untuk byson segera keluar di pasaran untuk menutupi dudukan plat nomor lama.

berikut foto foto proses pembuatannya..


ada "penampakan" byson di tukang las.... hehehe

Bahan dudukan dari dudukan plat nomor GL variasi

Dudukan plat nomor dipotong sesuai ukuran yang diinginkan

kabel di aki dilepas dulu biar nggak konslet..(las listrik soalnya)

Proses menyambung langsung di atas spatbornya

sisi sebelahnya mendapat giliran dilas

proses transformasi


tara...... tambah cakep kan sekarang? dudukan plat nomor byson di atas spatbor


Next article, mempercantik plat nomor byson...

5 komentar:

Anonim mengatakan...

Kreasi bagus bro... :)

blog e obie mengatakan...

makasih bro.. semoga eksperimen saya bermanfaat..

Anonim mengatakan...

menutupi sinar lampu depan gak bro...
nais ide bro.

blog e obie mengatakan...

kalo dalam posisi normal nggak bro..
tapi kalo pas suspensi depan bekerja agak dalam (misal ngerem mendadak) menutup sedikit. itupun sebentar. setelah suspensi kembali ke posisi semula nggak nutup lagi. Masih safety lah

Anonim mengatakan...

buat nyopot dudukan nopol yg lama gk ribet ko' Mas Bro... cuma lepas baut yg da di bawah speedometer tu... yg buat ngebaut dudukan lama... tu gk permanen low... silahkan dicoba...