Search This Blog

Memuat...

Jumat, 18 Juni 2010

Tips: Memperingan Kapasitas Gambar / Foto di Blog

Gambar atau foto merupakan hal yang tak terpisahkan sebuah artikel di blog. Sebuah gambar akan membantu membangun pesan yang akan disampaikan penulis. Dengan gambar pembaca juga lebih kerasan dan tidak bosan. Atas dasar alasan – alasan tersebut banyak blogger menambahkan gambar / foto ke dalam artikel mereka. Bahkan banyak yang kelewatan sehingga blognya seperti album foto. Hal ini justru akan menimbulkan efek negatif. Semakin banyak foto yang ditampilkan maka blog tersebut semakin berat untuk diakses. Tentunya hal ini bukan masalah bagi pengunjung blog yang memiliki akses yang cepat dan bandwith yang unlimited alias tidak terbatas. Lantas bagaimana nasib pengunjung blog yang akses internetnya lemot atau bandwithnya memiliki kuota? Mereka akan menghindari blog anda (pengalaman pribadi bandwith kuota.. hiks). Apalagi sekarang kamera digital atau handphone sudah dibekali resolusi yang besar yang otomatis hasil jepretan juga memiliki kapasitas yang besar. Sebagai contoh hp saya sendiri satu foto biasanya memiliki kapasitas hampir 1mb.

Bagaimana caranya agar kita bisa tetap menampilkan foto namun dengan kapasitas yang ringan? Dengan teknik sotoshop sederhana hal ini mungkin saja. Langkah – langkahnya akan saya jelaskan berikut: (saya memakai adobe photoshop 7 .. lagi nyidam photoshop CS 5 tp bandwith e gak kuat... hiks)

1. resize
Biasanya kamera sekarang ukuran foto yang dihasikan sangat besar. Pastinya hal ini sia – sia apabila langsung diupload ke dalam blog, karena halaman blog tidak memungkinkan untuk ukuran gambar yang besar. Diubah dulu ukuran fotonya. Klik Image> Image size > di dalamnya ada ukuran width dan height silahkan masukkan sesuai selera dan sesuai kondisi blog anda. Lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar di bawah.



klik image>image size


masukkan ukuran foto yang diinginkan (sesuaikan dengan blog anda)

2. Save for Web
Setelah ukuran diubah langkah selanjutnya yaitu mengkonversi foto untuk web. Klik File > Save for Web > kemudian muncul halaman dengan dua perbandingan foto. Sebelah kiri foto yang asli sebelah kanan foto setelah dikonversi. Untuk mengatur konversi ada beberapa pilihan di menu setting yaitu Gif 128 dithered, Gif 128 no dither, Gif 32 dithered, Gif 32 no dither, JPEG high, low dan medium, PNG -24, PNG – 8 dithered. Silahkan pilih pilih beberapa setingan konversi tersebut dan perhatikan hasilnya di perbandingan foto. Biasanya saya menggunakan Gif untuk banner, JPEG untuk foto, dan PNG untuk file yang membutuhkan background transparan. Setelah selesai klik save, beri nama, dan gambar siap diupload!!



klik file> save for web


perhatikan perubahan foto, kiri foto sebelum diubah, kanan foto yang telah diubah



pilih format foto (tiap pilihan kualitas foto beda2 silahkan lihat di perbandingan foto)

Satu lagi tips, OOT, apabila foto tersebut murni bidikan anda sendiri sebaiknya ditambahkan nama blog anda / signature bukti kalau foto tersebut milik anda supaya tidak sembarangan digunakan oleh orang lain apalagi untuk tujuan komersial.


Semoga bermanfaat….

*gak usah dikomentari foto model amatiran yang ada difoto (kata temen saya posenya kaya wong ilang, hehe), yang penting ilmunya to.. hehehe

0 komentar: