Selasa, 05 Oktober 2010

Yamaha Byson Dimata Orang Awam

Bagi penggemar otomotif kebanyakan pasti sudah paham yang namanya byson. Sudah 2 tahun “iklan gratis” nya beredar di dunia maya. Banyak laporan penampakan dan spy shot nya dari berbagai daerah. Mau ngecek spesifikasinya pun mudah. Tinggal merujuk situs – situs india berbahasa inggris, info yang didapatkan sudah lengkap, selengkap lengkapnya, sampai dengan komparasi dengan motor lain termasuk new mega pro. Lantas bagaimana dengan orang kebanyakan? Orang orang yang tahunya motor 4 tak honda dan 2 tak yamaha? Mungkin pengalaman saya bisa jadi rujukan.

Kebetulan rumah saya sekaligus tempat usaha. Banyak sopir sopir truk yang datang ke rumah. Nah, siang tadi saya sibuk melapisi bagian bagian yang rentan lecet di byson saya menggunakan stiker transparan. Saya mengerjakannya di garasi rumah, dan pintu yang lumayan tinggi cuma terbuka sedikit. Awalnya hanya beberapa kali orang melongok mengintip. Akhirnya gak tahan bergerombol orang masuk dan mulai tanya tanya tentang byson. Total beberapa gerombol yang masuk, dan beberapa sendirian. Lumayan banyak. Dari pertanyaan – pertanyaan mereka dapat saya simpulkan beberapa hal.

1. Desain. Kebanyakan mereka terpana sama tangki nya yang menjulang. Ada yang mengira hasil modifikasi. Mereka kaget setelah saya jelaskan isinya cuma 12 liter. Bahkan ada satu yang tanya apa “anu” saya tidak sakit naik byson, kan “berbenturan” sama tangki, hehehe. Ada ada aja. Termasuk juga perhatian tertuju ke kaki – kaki yang jumbo. Saya jawab kalau bannya tubeless..mereka heran. Banyak yang membandingkan soal design sama vixion.

2. Mesin. Kebanyakan mengira motor bantet seperti byson ini cc nya pasti besar macam tiger atau pio, agak kaget waktu saya jelaskan cc nya 150 cc.

3. Harga. Ini pertanyaan wajib setiap orang yang tadi tanya. Saya jelaskan kalau harganya 20 jt kurang dikit. Mereka heran. Ada yang awalnya menduga duga kalau harganya sama kaya tiger. Mungkin ini juga pertanda prospek cerah untuk yamaha. Gimana tidak? Dihargai lebih mahal pun mereka merasa wajar. Karena mereka heran kalau harganya masih di bawah 20 jt. Menurut saya (opini pribadi saja), harga ini tertolong oleh harga mega pro lama yang 20jt an ke atas yang sudah terlanjur dikenal masayarakat. Jadi kalau ada motor dengan fitur lebih pasti harganya diatas itu. Walaupun sebetulnya mega pro yang baru sudah turun harga dengan fitur yang lebih baik. Jadi kalau yamaha mau menaikkan harga monggo....di atas 20 jt an gitu... (soalnya saya sudah beli, jadi kalau harga naik terserah...hehe..)

4. Ini juga merupakan kesimpulan saya. Orang awam tidak terlalu peduli dengan teknologi yang dipakai, entah speedometer yang sudah full digital atau catalytic converter. Nggak ada satupun yang tanya tentang itu. Yang penting bentuknya keren, harganya murah....merek jepang! Cocok sekali dengan segmen byson, yaitu segmen yang tidak banyak mengadopsi teknologi tinggi seperti vixion.

Hari ini saya rasanya benar benar seperti sales yamaha, tinggal kasih brosur dan mencatat nomer hp klop sudah.

0 komentar: