Search This Blog

Memuat...

Selasa, 28 September 2010

Yamaha Scorpio dari waktu ke waktu


Generasi terbaru yamaha Scorpio baru saja lahir. Walaupun bukan all new scorpio tapi tetap kehadirannya membawa kesegaran tersendiri di kalangan penggemar Yamaha. Banyak yang masih memperdebatkan berbagai hal di pio terbaru ini. Mulai desain lampu depan nya yang dirasa aneh (kalau saya pribadi mirip potongan tambutnya son goku atau bezita, hehe), powernya yang turun tapi harga naik, dan sok belakangnya yang masih ambles kalau dinaki biker berbobot boros.

Scorpio sudah lama mengaspal di jalanan indonesia. Dimulai dengan generasi awal yang merupakan titisan sang raja atau RX King. Dulu ada isu yang membuat motor 2 tak terpuruk. Scorpio seakan menjawab isu tersebut. Dengan mesin 4 tak yang tentu saja masih tetep kencang di kelasnya. Saya pribadi suka desain pio lawas ini. Walaupun kerempeng tapi kesannya ringan dan kencang. Dan lagi aura sang King masih begitu terasa. Saya masih ingat pio ini keluar pas saya masih smp. Setiap hari saya bisa puas melirik karena smp saya sebelahan sama dealer yamaha.

Karena banyak yang menganggap desain pio ketinggalan terutama dibanding kompetitor yang jauh lebih sporty walupun tidak lebih kencang, akhirnya desain pio direvisi. Muncul Scorpio z. Dengan desain baru dan warna baru. Namun body belakangnya masih identik dengan bebek yamaha. Sok belakang pun mudah amblas. Dulu ada teman saya yang punya pio z, dan badannya lumayan jumbo. Sehari hari boncengan dengan teman saya yang lain yang juga berukuran tak kalah jumbo. Si pio dinaiki 2 raksasa ini dari belakang tidak jauh beda dengan vega atau f1zr.

Desain pio kembali ketinggalan dengan munculnya produk yang katanya revolution dari kompetitor. Walaupun gak pantes kalau disebut revolusi, bagi saya tetap saja face lift. Dan sekarang, setelah beberapa tahun bermain warna, akhirnya keluar juga pio baru. Masih dengan mesin dan rangka seperti versi sebelumnya, namun body jauh berbeda. Dengan kenaikan 1,5 jt menjadi varian termahal yamaha dibandingkan dengan vixion 22 jt dan byson 20jt (terlepas dari vixion SE yang juga hampir 23 jt). Semakin memperjelas status kasta scorpio dari sport yamaha yang lain.

Selamat datang Pio baru...

0 komentar: