Varian motor sport di india memang seabrek mengingat disana nggak ada bebek. Demikian juga dengan pabrikan yamaha di india. Untuk seri FZ saja ada 3 pilihan, yaitu fz yang sebelas dua belas dengan byson, FZS yang sama dengan FZ tapi dengan warna warna lebih sporty plus visor, yang terakhir Fazer yaitu FZ dengan half fairing (nggak banget deh untuk disini kayaknya). Dan sekarang ada lagi varian baru untuk kelas 150cc yamaha. Yaitu yamaha SZ dan SZX. Keduanya sama cuma yang SZX "agak" sedikit lebih mewah dengan adanya visor.
SZ dam SZX ini ditujukan untuk segmen di bawah FZ atau byson. Tapi menurut saya masih tetep keren desainnya. Masih ada aura FZ terutama di tangki. Berbeda dengan FZ, SZ ini masih tromol (bakal diserang habis habisan nih kalau dikeluarin disini masih tromol). Suspensi belakang pun masih stereo. Untuk harga SZ ini ditawarkan seharga 49000 rupee atau setara dengan 9.885.225 rupiah (gak usah kaget..motor di india memang lebih murah, hehe). Sedangkan FZ disana, lebih spesifik lagi di Bangalore/karnataka adalah 75099 rupee atau setara dengan 15.150.425 rupiah. Selisih lumayan banyak ya?
Menarik sekali seandainya YMKI menghadirkan SZ disini, tentunya dengan terlebih dulu ditambah cakram kalau nggak mau dicaci maki fans berat honda. Toh paling nambah 1jt sekian. Masih tetap murah. Kalau itu terjadi hmmm..., siap siap Thunder 125 dan Pulsar 135 terlibas. Lawong ini cc nya lebih besar, desain lebih yahud dan fresh. Mari berandai andai. Kalau FZ disana dibandrol 15jt sedangkan disini 20 jt berarti nambah 5 jutaan. Berarti ini 10jt ditambah 5 juta jadi 15jt. Masih mumpuni untuk head to head harga dengan Thunder 125.
Lebih detail spesifikasinya sebagai berikut
Engine
Engine type | Air-cooled, 4-stroke, SOHC |
---|---|
Displacement | 153 cc |
Bore & Stroke | 58.0 × 57.9 mm |
Compression ratio | 9.5:1 |
Maximum power | 12.1PS / 7,500 rpm |
Maximum torque | 12.8N.m / 4500 rpm |
Starting system | Electric Start + Kick Start |
Lubrication | wet sump |
Cylinder layout | Single cylinder |
Clutch type | wet, multiple disc |
Ignition system | C.D.I |
Fuel supply | Carburettor |
Battery | 12 V, 5 AH (10 AH) |
Headlight | Halogen bulb (12 V, 35/35 W) |
Primary/Secondary reduction ratios | 3.409/3.000 |
Tranmission type | 5 gear constant mesh |
Caster/Trail | 26 degree/99 mm |
Gear ratios | 1st=2.714, 2nd=1.789, 3rd=1.318, 4th=1.045, 5th=0.916 |
Frame type | Diamond |
---|---|
Front suspension | Telescopic |
Rear suspension | Swingarm |
Front brake | Drum(150 mm) |
Rear brake | Drum (130 mm) |
Front tyre | 2.75-17 41P |
Rear tyre | 100/90-17 55P |
Overall length x width x height | 2,050mm x 730mm × 1,100mm |
---|---|
Kerb Weight | 132 kg |
Wheelbase | 1,320mm |
Minimum ground clearance | 165mm |
Engine oil volume | 1.0 litres |
Fuel tank capacity | 14 liters |
Seat Height | 802 mm |
tambahan, di salah satu blog india disebutkan konsumsi bbm nya nyampe 70km/liter. Gak tau falid ato nggak tapi kalau ini benar, merupakan konsumsi bbm yang fantastis untuk sport 150cc.
Silahkan cermati bentuk nyatanya...
0 komentar:
Posting Komentar