Sabtu, 18 Desember 2010

Ini nih alasan kenapa produk india harganya murah!!



Kita sering kali dibikin heran dengan banderol produk produk india. Pasti bisa lebih miring dengan produk jepang, namun dengan kualitas yang lumayan baik. Sebagai contoh banderol motor motor india yang juga beredar disini. Ambillah bajaj pulsar 180. Bayangkan, awalnya harganya sudah kompetitif eh masih juga dipangkas lagi menjadi 17jt kurang. Dengan harga segitu kompetitor merek jepang “cuma” menyediakan moped atau bebek. La ini sudah motor batangan, dengan power lumayan, bahkan di atas honda tiger.

Ada beberapa alasan kenapa banderol produk produk india ini bisa begitu kompetitif. India memiliki banyak enginer berkualitas namun mau terima bayaran yang lebih murah dibandingkan negara lain. Misal di amerika engineer gajinya USD 100 000, namun engineer india dengan kemampuan yang sama cukup terima USD 40 000 saja. Bayangkan cost yang bisa di hemat oleh pabrik yang mempekerjakan ratusan bahkan ribuan engineer. Tenaga kerja murah ini yang membuat Daimler, GM, dan Bosch membuat pusat R & D di Bungalore India.

Selain tenaga kerja yang bermutu dan murah, India juga sekaligus pasar yang sangat potensial. Ditopang jumlah penduduk yang besar, bisnis di India menjadi lebih menjanjikan. Ibaratnya untung dikit nggak masalah soalnya lakunya banyak. Jadi India tidak hanya pusat R & D dan produksi yang murah namun sekaligus juga pasar yang sangat potensial. Inilah mengapa banyak brand dunia berbondong bondong kesana, paling baru harley davidson juga ikut bikin pabrik.


Strategi selanjutnya agar bisa murah yaitu membuat proses produksi yang simpel. Ongkos produksi yang dikeluarkan oleh Mahindra & Mahindra’s hanya seperempat dari ongkos produksi Ford. Selain simpel produk India juga konservatif. Misal Mahindra Scorpio yang hanya ditawarkan dengan 5 pilihan. Atau di sini kita mengenal juga produk bajaj yang konservatif. jujur, saya merasa semua produk bajaj itu bentuknya sama atau mirip sekali. Banyak sekali common part, jadi ongkos produksi murah.

Kalau dilihat dari beberapa hal diatas, sebenarnya indonesia juga punya potensi. Disini tenaga kerja murah, pasar juga luas. Namun kualitas tenaga kerja belum begitu bagus. Ini yang perlu dibenahi. Dengan semakin banyaknya tenaga terampil yang profesional dan tentu gaji miring, tidak musatahil kelak akan banyak brand brand dunia berbondong bondong bikin pabrik di sini. Syukur syukur putra indonesia bisa menciptakan brand sendiri yang bahkan bisa mencaplok brand yang melegenda seperti yang telah dilakukan pabrikan india, Tata dengan mencaplok jaguar dan land rover.

sumber:

http://machinist.in/index.php?option=com_content&task=view&id=1045&Itemid=2

Kamis, 16 Desember 2010

Tahun Depan Vespa Bukan Lagi Mimpi untuk Orang Indonesia

Di artikel saya dulu di sini saya pernah berandai andai tentang vespa. Teutama saya juga berkomentar tentang harganya yang selangit. Sekarang juga masih menunggu info pak bro Andy tentang vespa temannya. Ternyata, harga vespa yang lebih terjangkau sebentar lagi bukan sebuah mimpi bro! Di jawapos hari ini, diberitakan akan dibangun pabrik perakitan di vietnam. Dengan adanya pabrik perakitan di vietnam, biaya mendatangkan skuter legendaris ini bisa ditekan habis habisan. Yup, karena Vietnam masih termasuk dalam AFTA. Biaya masuk bisa nol persen.


Harga akan terjun bebas dari harga sekarang. Seperti yang diberitakan okezone, harga baru bisa menyentuh 20jt an. Wiiih, harga yang manusiawi untuk sebuah motor, hehehe. Diperkirakan antara bulan maret – juni harga baru ini bisa dinikmati.

Selain harga yang lebih murah, pecinta vespa di indonesia juga akan dimanjakan dengan ditambahnya jaringan dealer. Klop! sudah harganya turun, nanti nggak perlu repot repot lagi buat servis!

Bisa diperkirakan bagaimana tanggapan penggemar vespa. Harga mahal saja ada yang mau beli bro! belum lagi komunitas fanatiknya. Pasti akan beralih lagi ke produk yang satu ini.

Nggak lama lagi si vespa abu abu di rumah bakal punya temen baru nih keliatannya!hehe

Yamaha Byson emang cocoknya pake visor FZ-S

Kemaren sempet mau ngutek ngutek lagi si byson, mau saya pasang visor. Tapi akhirnya saya urungkan lagi. Karena visor yang ada di pasaran sekarang adalah visor variasi yang contek punya tiger revo. Di thread byonic di kaskus sudah banyak yang pasang visor ini. Lumayan sih, tapi belum 100 persen cocok menurut saya. Visor FZS menurut salah satu tabloid sudah ada yang mengimpor, tapi harganya masih selangit bro, 400rb an. Fiuh. Nunggu versi kwnya saja. Syukur syukur kalo ada variasi resmi dari YMKI dengan harga yang logis.

Berikut ini kira kira penampakan byson dengan dua visor ini hasil soto sop amatiran, sengaja saya sotosop dulu biar nggak nyesel kalau dah terlanjur pasang ternyata nggak cocok.

batok FZ-S beda sama byson..

kira kira penampakan byson dengan visor FZS

perkiraan penampakan dengan visor tiger

dari perbandingan di atas memang yang paling maknyus visor nya FZS.. agak lebar tapi serasi dengan headlamp byson yang meruncing di bawah. Tapi kalau lama nggak nongol nongol nih visor terpaksa alternatif kedua, visor tiger bisa jadi sasaran.

resensi buku: Selamat Berkendara di Jalan Raya

Fiuuh, lama nggak nengok blog dikarenakan juragan blog ini KO. Awalnya sudah terasa kalau mau flu tapi saya biarkan. Ee lakok makin menjadi. Baru sekarang bisa posting lagi.


Di artikel saya terdahulu saya menulis tentang UU no 22 di sini . Bagi orang awam hukum seperti saya, membaca undang undang itu efeknya sama dengan membaca dongeng sebelum tidur. Asli membosankan. Makanya saya perlu sesuatu yang lebih manusiawi agar lebih paham undang undang ini. Dan mungkin salah satu buku yang dijual bebas di toko toko buku ini bisa menjadi rujukan. Buku berjudul “Selamat Berkendara di Jalan Raya” ini ditulis oleh Marye Agung Kusmadi. Di dalam buku ini tidak semua undang undang nya dibahas satu satu, tapi lebih membahas kenyataan yang ada di lapangan dan dikaitkan dengan undang undangnya. Diberikan juga tips tips seputar berkendara yang aman yang bermanfaat bagi bro semua. Di bagian akhir buku ini juga diberikan rambu rambu lalu lintas dan maknanya, yang jujur saja banyak sekali yang saya belum paham, hehehe.

Buku ini mungkin bisa menjadi solusi bagi bro semua yang pingin tahu undang undang lalu lintas dengan cara yang lebih simpel dan mudah. Dengan tahu aturan aturannya, semoga kegiatan berkendara kita bisa lebih aman baik untuk diri kita sendiri dan juga pengguna jalan lainnya. keep riding keep safety!

Kamis, 09 Desember 2010



Setelah si skywave menginap di bengkel resmi suzuki setelah kecelakaan, bapak saya ternyata sudah ancang ancang memikirkan pengganti. Awalnya yang muncul di benak beliau adalah vespa. Ya, bapak saya walaupun bukan skuteris tapi respect sekali sama produk itali yang satu ini. Sebenarnya sudah ada satu unit vespa excel di rumah, khusus untuk jumatan. Setelah saya beri tahu kalau vespa juga ada yang baru langsung antusias. Setelah browsing kesana kemari akhirnya saya menemukan website yang bisa dijadikan rujukan. Di website sun motor disebutkan dengan lengkap price list dan spesifikasi si vespa. Glek. Saya cuma menelan ludah melihat price listnya. Vespa LX150 dibanderol 52juta. Bisa dapet byson dua biji bro. Ternyata harga yang cukup mengagetkan ini tidak membuat semangat bapak saya kendur. Pertanyaan berikutnya yaitu dealernya dimana. Dan ini yang membuat keinginan meminang vespa pun diurungkan. Adanya hanya di kota besar, yang terdekat surabaya. 3s nya menjadi kendala. Apalagi vespa ini sangat jarang ada sehingga sangat riskan untuk diservis di sembarang tempat.


Dan yang membuat saya heran, desain vespa ini tidak berubah. Masih kental sekali nuansa klasiknya walaupun sudah berteknologi modern. Pantas saja penggemar penggemarnya loyal. Karena cita rasanya tetap tidak berubah. Khas dan unik.

Konsumen vespa mungkin menyalahi pakem teori marketing yang ada. Harga mahal, tidak ada iklan, bentuk itu itu saja, performa juga begitu begitu saja tapi tetap saja menjadi buruan. Membeli vespa memang membeli eksklusivitas dan seni. Vespa bukan motor yang bisa diajak rebah di tikungan menikmati desiran adrenalin. Lebih cocok untuk jalan jalan santai, menikmati lingkungan sekitar, menikmati hidup. Desain vespa yang itu itu saja justru malah sebuah keuntungan. Selain menjadi sebuah ciri khas, desain ini abadi. Berbeda dengan motor jepang yang sudah terlihat jyadul acchhh setelah lima atau sepuluh tahun, vespa masih saja keren walaupun sudah berpuluh puluh tahun. Malah semakin tua semakin langka, semakin bernilai.

Seandainya saja vespa mau serius lagi memperluas pasar, menambah lagi dealer dan jaringan 3s nya bukan tidak mungkin bisa booming lagi seperti dulu. Mengingat penggemar vespa sangat fanatik dengan merek ini, lebih dari sekedar fans berat.

Kick Stater Yamaha Byson ternyata memang berguna



Kalau blogger India heran kenapa kok byson atau FZ16 di indonesia ada kick stater nya mungkin ini jawabannya. Kemarin pas saya pakai terjadi sesuatu sama si byson. Awalnya tokcer seperti biasa bisa nyala dengan electric staternya. Pas saya turun mau pergi bentar dengan kondisi mesin menyala ee.. lakok mati. Saya pencet lagi electrick staternya nggak mau nyala. Saya cuk bentar saya pencet lagi. Tetep nggak nyala. Memang si byson akhir akhir ini jarang saya pakai. Ditambah lagi saya kondisi dingin pagi hari. Hmm…. saatnya memanfaatkan kick stater. Putar tuasnya, dipancal sekali. Brmm.. nyala! Kick stater ini, walaupun bentuk dan posisinya di byson yang agak maksa tetep sangat penting dan berguna menurut saya.

Selasa, 07 Desember 2010

Kalau ada ini, saya ndaftar jadi FBK aja

cakep bener nih motor ya?

Ternyata KTM Duke 125 kurang begitu diterima di india bro. Harganya yang “muahal” yaitu 20jt an membuat biker india mikir mikir mau nebus motor ini. Padahal disini rata rata mongtor sport berkisar 20jt an ya? itupun modelnya begitu begitu aja. Na yang ini dah pake ap sed down, sasis tralis, desain kereenn, dan tentu saja bagian dari keluarga ktm. Aduh mak, emang sih disana motor murah murah. FZ / Byson aja cuma belasan juta, disini “cuma” dapat bebek.

Nah, untuk mengantisipasi keengganan biker india sama duke 125 ini diterapkan strategi anyar. Akan dibuat versi baru dengan kubikasi yang lebih besar yaitu 200cc. Tenaga yang dihasilkan sekitar 22 ps (ntar monggo diukur pake dyno sendiri sendiri.. xixixi). Dan yang gila dari rencana baru ini, harga yang dipatok diusahakan setara dengan duke 125. Kalau ini benar benar terjadi kita cuma bisa geleng geleng kepala bro. Gimana nggak? KTM 22 ps 20 jt an? glek.

Sekarang saatnya berandai andai. Kalau bajaj (ktm 200cc ini diproduksi di pabriknya bajaj) membawa motor ini ke indonesia. Harga pastilah lebih mahal, gapapa. Katakanlah jadi 30jt. Hmm… masih worthy. CBR 35jt an saja laris manis. Lagi pula segmen untuk ktm ini masih sepi. Cuma ada KLX. Supermoto berotot macam duke ini juga cocok untuk jalanan indonesia yang ekstrim. Nggak kepentok saat melintas lubang dan polisi tidur.

Masalah lanjutan kalau motor ini mengaspal di indonesia adalah 3S nya. Bengkel servisnya pasti nunut bajaj yang sudah banyak. aman.

Mungkin masih lama ya seandainya ktm ini mengaspal di indonesia? tp untuk motor idaman layak diperjuangkan.

sumber: okezone autos

Senin, 06 Desember 2010

Ribut ribut masalah Hp (horse power)


Hmm… akhir akhir ini banyak yang meributkan masalah yang satu ini. Terutama ketidaksesuaian antara spesifikasi resmi menurut pabrikan dan hasil dynojet yang dilakukan oleh salah satu media online. Kebanyakan Horse power atau tenaga jaran atau daya kuda ini lebih rendah dari pada spesifikasi resmi pabrikan. Namun ada pula yang lebih tinggi. Terlebih dulu sebenarnya harus dilihat dulu mesin dynojet yang dipakai. Tentu saja perbandingan akan lebih akurat apabila bersumber dari alat yang sama.

Sebagai gambaran mengenai hasil dynojet dengan spesifikasi pabrikan bisa dilihat di bawah ini:

Dynojet yang dipakai milik BRT (data tahun 2008)

Jenis Motor Hp versi Dyno Hp Versi spesifikasi resmi
Yamaha Vixion 12 14.88
Honda CBR 150 14,34 17.00
Bajaj Pulsar 180 13,28 16,7 (sekarang dah naik di UG4)

Dilihat dari perbandingan di atas, dengan mesin dynojet yang sama, semuanya mengalami penurunan yang drastis jika dibandingkan dengan spesifikasi pabrik. Gitu broo…. mbah gus dur bilang, gitu aja kok repot! saya tambahi, gitu aja kok geger!!

sumber :http://tmcblog.com/2008/11/14/hasil-dyno-cbr-150rvixion-dan-pulsar-180/ , juga ditambah berbagai sumber lain

Skywave rawat inap…

Setelah beberapa hari di hotel prodeo akhirnya kemarin si skywave bebas. Tentu saja dengan segala urusan diurus oleh si penyerempet. Baru kali ini bisa mengamati si skywave dengan detail. Hmm.. not too bad. Cover bawah ilang entah kemana. Shock depan agak eror. Cover knalpot baret2. O iya, sssttt… bensinnya habis… saya nggak suudzon lo, yang jelas sebelum kecelakaan barusan diisi penuh. Entah kemana larinya. Hehe..

Hari ini si skywave langsung dibawa ke bengkel resmi suzuki. Tapi ternyata mekaniknya belum ada. Saya telp tidak diangkat. Ya sudah, akhirnya saya sms keluhannya apa dan kunci plus stnk saya titipkan ke sales counter nya. O iya, tadi sempat mengamat ngamati secara seksama si titan. Bebek yang lumayan cakep menurut saya, terutama yang warna biru.

Kondisi si skywave setelah “jatuh” :

sektor depan masih normal

Jumat, 03 Desember 2010

Belajar Toleransi Berlalu Lintas dari Sopir Angkutan Barang

foto: mbah gugel

Setelah lulus bulan kemaren, sambil mencari cari lowongan pekerjaan yang cocok, saya juga bantu bantu usaha bapak saya dirumah. Saya memilih untuk membantu masalah transportasi dulu saja. Kirim kirim barang. Sebenarnya sejak kuliah saya juga sudah sering membantu, tapi baru sekarang ini bisa intens. Banyak pengalaman unik yang saya dapatkan dijalan sebagai “supir”.

Walaupun hidup para supir di jalan biasanya keras, tapi mereka punya etika yang bagus bro. Jarang ada yang berkendara sakarepe udel e dewe. Karena mungkin sebagian besar umur dihabiskan dijalan, jadi mereka sudah paham betul bagaimana bersikap. Mereka juga menghargai supir supir lain yang seperjuangan. Salah satu etika yang patut diacungi jempol adalah mereka tidak egois bro. Sadar kalo jalan raya itu milik bersama. Sering saya temui, truk bermuatan berat yang melaju pelan sekali di jalan. Na, si supir truk pun sadar kalo dia berjalan pelan maka memberi kesempatan kendaraan di belakangnya untuk mendahului. Dengan cara sedikit menepi untuk memberikan ruang yang lebih banyak. Sering saya ketika akan menyalip, ketika sudah menyalakan sein dan posisi kendaraan agak menengah, otomatis si supir truk menepikan kendaraannya. Bahkan yang membuat suasana supirship (apa ya istilahnya, hehe) semakin kental, pak supir yang budiman ini mengeluarkan tangannya dari jendela seolah berkata “monggo mas kalo mau nyalip”. Atau juga dengan tanda jempol yang bisa diartikan aman untuk menyalip. Sebagai ucapan terima kasih biasanya saya sempatkan membunyikan klakson untuk menyapa.

Ada lagi yang menambah persaudaraan diantara supir. Namun sekarang sudah mulai luntur dan jarang saya temui. Dulu saya sering ikut bapak saya pas saya masih kecil. Sesama supir mempunyai semacam kode rahasia apabila ada razia aparat kepolisian (jangan ditiru..xixi) jadi sewaktu berpapasan dengan kendaraan lain yang sarat muatan dan keliatannya akan “kena” maka si sopir yang baru saja melalui razia akan memperingatkan terlebih dulu. Dengan cara menyalakan lampu jauh dan memberikan kode dengan tangan. Namun sekarang saya belum pernah menemui, mungkin juga karena daerah yang saya lalui jarang ada razia.

Alangkah indahnya ya kalo bikers juga begitu. Saling menghargai satu sama lain sesama pengguna jalan.

Suzuki Smash Titan Gratisan Lagi


Sudah lama diluncurkan tapi Suzuki smash titan kok masih jarang ya di jalan jalan. Saya baru pernah liat satu. Paling banyak liat ya Honda Revo atau Vega ZR. Nah, Suzuki keliatannya melakukan segala cara biar si Titan ini bisa mengaspal nggak melulu nongkrong di dealer. Salah satunya dengan menjadikannya bonus. Dulu saya pernah nulis beli karimun estilo / apv gratis smash titan. Sekarang program serupa nongol lagi iklannya di koran. Bedanya sekarang beli suzuki carry pick up gratis smash titan, tentu saja dengan syarat / ketentuan tertentu.


Kenapa ya? apa ada yang salah dengan si Titan ini? dari segi desain dan performa yang 8.4 ps tidak ada yang salah sebetulnya. Iklannya si sule juga sering nongol di tv. Harganya juga sangat kompetitif dibandingkan kompetitornya, dimulai dari 10jt an.

Apakah menjadikan Smash Titan sebagai barang bonus adalah strategi yang cespleng? Mengingat orang kalo mau beli mobil ya beli mobil saja, nggak perlu motor. Dulu waktu beli Carry pick up juga nggak mikir bonus nya. Beli carry pick up karena harga lebih miring dari grand max, sparepart banyak dan murah, bak flat deck nya luas, mesin dah 1,5 injection. Justru dengan menjadikan sebagai bonus malah akan menurunkan image Titan ini sendiri. Tapi nggak tau juga sih. Diliat saja nanti faktanya di lapangan. Apakah dengan ini akan banyak gerombolan Titan mengaspal di jalan.

Rabu, 01 Desember 2010

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 22 TAHUN 2009 TENTANG LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN


Sudah lama saya mengaspal di jalan raya. Tapi jujur belum paham undang undangnya. Tahunya ya pake septi ger yang aman, menaati rambu rambu dan sebagainya. Pingin sekali sekali belajar. Browsing di google ketemu ternyata undang undang tentang lalu lintas dan angkutan jalan. Wiih, ternyata banyak banget ya bro aturannya.. sampe capek saya mbacanya, hehe. Silahkan baca sendiri saja, undang – undang nya yang bisa di download di link di bawah ini

http://ppid.polri.go.id/upload/files/UU_22_Tahun_2009.pdf

Akhirnya kerabat si penyerempet datang

Ini kelanjutan daru artikel saya sebelumnya bro.. klo yang gak mudeng bisa diklik di sini . Hari ini kerabat si penyerempet datang ke rumah. Sekarang, pas artikel ini saya ketik orang tua saya masih ngobrol ngobrol dengan suami temen ibu saya yang ikut dalam kecelakaan kemaren.

Ternyata si penyerempet memang apes 3 x lipat. Si penyerempet ini masih duduk di kelas 1 tsanawiyah (setingkat smp) bro.. Bisa ditebak kelanjutannya kan? yup, nggak punya sim. Pantes pas kejadian bingung ngumpetin motornya sampe ke kandang sapi, sebelum akhirnya ketemu dan diangkut ke mobil pulisi. Apes kedua, tulang selangkanya retak. Hii… ngeri saya membayangkan. Kasihan juga. Apes ketiga, temen ibu saya yang ikut dalam kecelakaan itu istrinya pak pulisi. Klop dah. Dan teman ibu saya ini punya riwayat kecelakaan yang parah. Dulu pernah tulang belakangnya bermasalah gara gara kecelakaan. Trus gara – gara kecelakaan kemaren tulang belakangnya sakit lagi. Sekarang masih sulit mau bergerak sendiri dan masih dalam proses berobat.

Nggak tahu deh kelanjutan prosesnya kaya gimana, sekarang masih dalam proses perbincangan. Memang kalo belum waktunya naik motor sebaiknya menahan diri. Secara dari kondisi mental memang belum siap. Menghadapi situasi mendadak mudah gugup, ndlosor deh ujung ujung nya.