Senin, 28 Juni 2010

Touring tidak selamanya indah karena cuaca tidak selamanya cerah

Setelah 2x saya cukup beruntung pulang kampung dan kembali ke malang dengan cuaca mendung yang sejuk, kali ini kelihatannya keberuntungan itu habis. Yup, saya kehujanan. Padahal saya sudah merencanakan untuk istirahat lagi di waduk sambil makan camilan yang saya bawa. Ee... ternyata hujan.

Untung perlengkapan hujan saya lumayan lengkap. Berbekal jas hujan two pieces dan pelindung tas punggung parasit Eiger, saya melanjutkan perjalanan. Namun yang membuat saya jengkel adalah visor helm murahan saya. Ketika turun hujan waktunya menjelang magrib dan ditambah mendung jadi lumayan gelap. Ditambah lagi bercak bercak air di visor saya apabila terkena sinar lampu kendaraan dari arah berlawanan akan membiaskan sinar tersebut yang sangat mengganggu pandangan.

Dengan terpaksa saya buka visor dan menikmati tetesan hujan. Beberapa kali saya menelan air hujan. Ini merupakan salah satu strategi (strategi konyol sebetulnya, hehe..). Entah ini juga dipakai orang lain atau hanya saya sendiri. Sejak saya kecil kalau kehujanan saya menelan sedikit air hujan biar tidak pilek. Konyol ya? Hehe. Air hujan yang menerpa wajah bukan masalah besar. Segar malah. Yang jadi masalah adalah serangga yang beterbangan. Karena rute yang saya lewati banyak areal persawahannya. Serangga ini biasa muncul ketika menjelang magrib. Mungkin terkesan sepele ya? Serangga. Namun, dengan kecepatan 70-80 km/jam serangga ini lumayan menyakitkan apabila terkena wajah. Lebih lebih apabila terkena mata.

Alhamdulillah sampe di tujuan dengan selamat sehingga saya bisa posting tulisan ini.

Sabtu, 26 Juni 2010

Raider 125 Pulang Kampung



Sabtu ini saya sempatkan untung pulang. Mumpung bisa. Mungkin minggu depan / depannya lagi saya bakalan sibuk ngurusi skripsi. Setelah diservis, terasa sekali perbedaan tarikannya. Lumayan nyaman untuk kecepatan 80 -90 km/jam. Saya tidak terlalu suka high speed touring. Selain saya rasa tidak terlalu aman, juga tidak bisa terlalu menikmati rute perjalanan.

Dalam perjalanan saya hampir diserempet bapak - bapak membawa peti kayu yang kelihatannya berisi telur. Sempat kaget, namun berhasil menghindar sehingga hanya spion saya yang terserempet sedikit peti kayu. Sempat kepikiran untuk "membalas" tapi saya urungkan karena gak tega. Yang penting semua selamat, baik baik saja. Saya juga banyak menemui anak - anak mengendarai matic (akan saya bahas lain artikel).

Saat kembali ke malang 2 minggu yang lalu saya belum sempat mengambil foto di waduk lahor yang saya lewati. Sekarang saya sempatkan berhenti sejenak mengambil foto sambil mengistirahatkan pantat dan paha.

Alhamdullilah dari mulai berangkat sampai saya dirumah cuaca mendung tapi tidak hujan. Nyaman sekali berkendara di cuaca seperti ini.

Jumat, 25 Juni 2010

Si Raider Periksa


Sebenarnya sudah beberapa hari yang lalu. Cuma saya nggak sempat posting. Si Raider 125 servis rutin. Karena sering dipakai perjalanan jauh, saya tidak menggunakan ukuran km untuk servis. Kalau sudah agak gak enak saya serviskan.

Sekarang si Raider ini tanpa busa filter. Karena termakan usia busa filter nya hancur. Saya tanya ke mas nya "di sini ada mas?" mas nya "g ada mas, keliatannya mirip punyae thunder, tp kosong jg". Waduh. Penyakit motor build up. Gak ada sparepartnya. Dulu waktu mau ganti gir set juga begitu. (akan saya ceritakan lain artikel). Gpp wes, sekarang nafas si Raider tambah lega (juga tambah kotor tentunya).

Servis pun beres, bayar 60 rb (sudah termasuk olinya). Besok siap turing lagi pulang kampung. Mumpung bisa pulang, bakalan sibuk soalnya. Akan saya sempatkan foto2 di waduk pas pulang besok.

Jumat, 18 Juni 2010

Tips: Memperingan Kapasitas Gambar / Foto di Blog

Gambar atau foto merupakan hal yang tak terpisahkan sebuah artikel di blog. Sebuah gambar akan membantu membangun pesan yang akan disampaikan penulis. Dengan gambar pembaca juga lebih kerasan dan tidak bosan. Atas dasar alasan – alasan tersebut banyak blogger menambahkan gambar / foto ke dalam artikel mereka. Bahkan banyak yang kelewatan sehingga blognya seperti album foto. Hal ini justru akan menimbulkan efek negatif. Semakin banyak foto yang ditampilkan maka blog tersebut semakin berat untuk diakses. Tentunya hal ini bukan masalah bagi pengunjung blog yang memiliki akses yang cepat dan bandwith yang unlimited alias tidak terbatas. Lantas bagaimana nasib pengunjung blog yang akses internetnya lemot atau bandwithnya memiliki kuota? Mereka akan menghindari blog anda (pengalaman pribadi bandwith kuota.. hiks). Apalagi sekarang kamera digital atau handphone sudah dibekali resolusi yang besar yang otomatis hasil jepretan juga memiliki kapasitas yang besar. Sebagai contoh hp saya sendiri satu foto biasanya memiliki kapasitas hampir 1mb.

Bagaimana caranya agar kita bisa tetap menampilkan foto namun dengan kapasitas yang ringan? Dengan teknik sotoshop sederhana hal ini mungkin saja. Langkah – langkahnya akan saya jelaskan berikut: (saya memakai adobe photoshop 7 .. lagi nyidam photoshop CS 5 tp bandwith e gak kuat... hiks)

1. resize
Biasanya kamera sekarang ukuran foto yang dihasikan sangat besar. Pastinya hal ini sia – sia apabila langsung diupload ke dalam blog, karena halaman blog tidak memungkinkan untuk ukuran gambar yang besar. Diubah dulu ukuran fotonya. Klik Image> Image size > di dalamnya ada ukuran width dan height silahkan masukkan sesuai selera dan sesuai kondisi blog anda. Lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar di bawah.



klik image>image size


masukkan ukuran foto yang diinginkan (sesuaikan dengan blog anda)

2. Save for Web
Setelah ukuran diubah langkah selanjutnya yaitu mengkonversi foto untuk web. Klik File > Save for Web > kemudian muncul halaman dengan dua perbandingan foto. Sebelah kiri foto yang asli sebelah kanan foto setelah dikonversi. Untuk mengatur konversi ada beberapa pilihan di menu setting yaitu Gif 128 dithered, Gif 128 no dither, Gif 32 dithered, Gif 32 no dither, JPEG high, low dan medium, PNG -24, PNG – 8 dithered. Silahkan pilih pilih beberapa setingan konversi tersebut dan perhatikan hasilnya di perbandingan foto. Biasanya saya menggunakan Gif untuk banner, JPEG untuk foto, dan PNG untuk file yang membutuhkan background transparan. Setelah selesai klik save, beri nama, dan gambar siap diupload!!



klik file> save for web


perhatikan perubahan foto, kiri foto sebelum diubah, kanan foto yang telah diubah



pilih format foto (tiap pilihan kualitas foto beda2 silahkan lihat di perbandingan foto)

Satu lagi tips, OOT, apabila foto tersebut murni bidikan anda sendiri sebaiknya ditambahkan nama blog anda / signature bukti kalau foto tersebut milik anda supaya tidak sembarangan digunakan oleh orang lain apalagi untuk tujuan komersial.


Semoga bermanfaat….

*gak usah dikomentari foto model amatiran yang ada difoto (kata temen saya posenya kaya wong ilang, hehe), yang penting ilmunya to.. hehehe

Kamis, 17 Juni 2010

Ayam Jago Lincah Menari di Kemacetan


bukan ayam jago yang ini lo y!

2 hari ini saya mendapat tugas mengantar adik sepupu saya tes snmptn. Seperti yang terjadi di tahun - tahun sebelumnya, jalanan macet. Apalagi pas pulangnya. Soalnya di Malang ini tiga kampus yang digunakan untuk SNMPTN lokasinya berdekatan. Tiga kampus ini yaitu UIN, UB, dan UM. Bisa dibayangkan kan macetnya?

Di kemacetan ini saya merasakan kelebihan dari desain motor ayam jago. Lincah bermanuver. Selip sana selip sini menari di sela sela kendaraan supaya nggak telat tesnya. Ayam jago jelas lebih lincah dari motor batangan dan jelas lebih stabil dari pada motor bebek. Walaupun banyak yang mencibir dan mengatakan motor ini banci tapi saya nggak peduli. Sebodo amat mau dibilang banci kek apa kek, toh sudah jelas banyak penggemarnya.

Jadi, buat brother semua yang pingin motor bertenaga layaknya motor batangan tapi selincah bebek, ajag alias ayam jago ini saya rekomendasikan. Apalagi sekarang ada beberapa mulai Satria FU, kawasaki Athlete, juga beberapa mocin yang menjiplak sonic thailand.

Selasa, 15 Juni 2010

Skutik Honda di India

Saya menambahkan rubrik baru di blog ini "Motor di Negara Lain". Sekedar untuk menambah wawasan saja. Kali ini saya akan membahas mengenai skutik Honda di India.

Saat ini AHM alias Honda Indonesia sedang giat - giatnya menggelontorkan berbagai model mulai retro klasik Scoopy sampai yang modern PCX. Nah, bagaimana dengan skutik Honda di India? apa saja yang ditawarkan Hero Honda di segmen skutik?

Menurut website resmi Hero Honda, ada tiga varian, Activa, Aviator, dan Dio. Mengenai bagaimana bentuk dan spesifikasinya bisa dilihat di bawah ini:

Activa dibekali mesin 4 tak berpendingin udara yang bisa menyemburkan tenaga 8bhp pada 7500 rpm.







Aviator memiliki spek yang mirip dengan Activa cuma bedanya tenaga 8bhp keluar pada 8000 rpm










Dio tenaganya cuma 7 bhp pada 7000rpm.











Dari ketiga varian diatas terdapat kesamaan, sama2 pakai ban ring kecil, bodi bantet. Desain skuter banget. Sangat berbeda dengan skutik di Indonesia ya? untuk kali ini kita patut bersyukur karena skutik yang beredar di sini lebih cakep daripada di indihe sono. Namun penggemar skuter2 desain eropa keliatannya bakalan seneng dengan desain skutik indihe ini.

Demikian, semoga menambah wawasan.

Senin, 14 Juni 2010

Get well soon brother, gak ada loe gak rame!





Ibarat sayur bayam tanpa garam, sama halnya Moto Gp tanpa Rossi. Kalau makan sayur bayam gak ada garamnya jadi gak nafsu makan kan? Moto gp juga. Rasanya gimana gitu. Apalagi kemaren Dani Pedrosa menang dengan sangat amat membosankan sekali.

Memang sih, balapan cari menang. Tapi sama sekali nggak ada sisi entertain nya. Saya sampai menguap berkali kali. Mungkin sudah banyak yang tahu, moto gp ibarat sirkus keliling. Tujuan sirkus adalah menghibur penonton. Naa... bisa dibayangkan kan kalau pemain sirkusnya bermain untuk dirinya sendiri?

Mungkin satu - satunya yang memberi harapan cuma lorenzo. Dengan selebrasinya yang atraktif mengingatkan kita akan kebiasaan Rossi. Tapi itu di akhir balapan. Bagaimana dengan balapannya? naa.. Lorenzo vs Rossi lah yang sangat ditunggu - tunggu. Junior yang sangat berbakat melawan sang legenda hidup.


saya baca di rossifiles.com operasi kedua Rossi yang dilakukan di Centro Traumatologico Ortopedico, Florence berjalan sukses. Selengkapnya mengenai operasi Rossi bisa dibaca disini http://www.rossifiles.com/2010/06/08/successful-second-surgery-for-vale-on-monday/

Get well soon brother!!

Kamis, 10 Juni 2010

Vespa PX Reborn!



Kabar gembira untuk penggemar vespa. Terutama yang tidak mau repot restorasi. Dikutip dari otomotifnet PT SKN mengeluarkan produk terbarunya dari india yang modelnya plek vespa px. Harganya? 19jt... wuihh... boleh juga nih.

Jadi teringat bapak saya. Bukan penggemar sih. Namun beliaunya sangat menghargai yang namanya Vespa. Dulu sempat restorasi Vespa excel. Dicat ulang, kalep pembungkus bagasi belakang baru. Sudah jadi, ee.... dipinjem saudara ndlosor.... Baret2 bodinya. Body sih gak papa. Yang bikin ngenes sasisnya nggak center lagi. Jadi kalau jalan maunya miring terus.

Terlanjur kecewa motor ini akhirnya tidak diurus. Sekarang cuma dicat ulang dan nggak diapa apain. Sempet mau ditukar orang sama Yamaha Fiz-r bapak nggak ngasih.

Menurut saya produk baru PT SKN ini prospeknya cukup bagus. Mengingat vespa merupakan bagian yang tak terpisahkan dari Indonesia. Masalah harga? orang beli Vespa bukan karena harganya. Apalagi 19 juta lumayan terjangkau daripada produk piagio asli yang selangit.

Rabu, 09 Juni 2010

Raider 125 Touring Lagii..

Yup, revisi bab 4 skripsi saya kelar. Saatnya back to kampus. Jarak rumah saya dan kampus lumayan jauh. Kurang lebih 150 km, atau 3 jam perjalanan. Jauh ya?hehe. Mungkin karena sudah terbiasa jadi nggak terasa. Alhamdulilah cuaca bersahabat. Mendung, namun tidak hujan. Sempat gerimis dikit. Saya suka cuaca mendung. Selain tdak silau terkena sinar matahari, jalanan juga sejuk. Namun, cuaca mendung sebenarnya juga mengkhawatirkan. Bisa turun hujan setiap saat.

Untuk menempuh jarak yang jauh dengan si Raider ini saya menggunakan strategi untuk mengisi bensin 2x. Sebenarnya 1x isi bensin cukup. Namun, dengan 2x isi bensin saya bisa sekalian sejenak beristirahat. Raider ini sebenarnya tidak terlalu cocok untuk perjalanan jauh. Paha bisa pegal2 karena motor ini ceper dan sedikit membungkuk. Dinimati aja.


Rute perjalanan saya melewati sebuah waduk. Kalau nggak salah namanya Lahor. Waduk ini merupakan tempat istirahat favorit pengendara roda 2. Pemandangannya indah. Apalagi kalau sore hari. Sepanjang waduk bakalan penuh. Walaupun hanya sekedar duduk2 dan ngobrol2. Saya sempatkan mengambil foto di jalan sepanjang waduk yang masih sepi. Sayang, pas mau foto waduknya e.. lowbat. Perjalanan pulang ke rumah minggu depan akan saya sempatkan mengambil foto lagi.

Senin, 07 Juni 2010

Yamaha Fazer 250 The Real Tiger Killer


Fazer 250 Brazil

Berkaitan dengan artikel sebelumnya tentang Tiger baru saya ingin membahas kembali Fazer 250. Setelah sempat menghebohkan dunia otomotif maya beberapa waktu lalu. Orang Brazil memang beruntung! selain tim mereka selalu lolos piala dunia (gak nyambung ya?) mereka juga disuguhi Fazer ini oleh ATPM Yamaha.

Spesifikasi Fazer ini maknyus. Gimana nggak? 21 hp, monoshock belakang, speedo digital. Desain? bisa dilihat sendiri kan di foto? cakepnya motor ini.... hemm.. Lampu sudah pake model FZ, badan kekar, buntut lancip, cakep wis pokok e.

Naa... menurut saya, kalau motor ini yang 25 jt bukannya Tiger, sangat sangat worthy. Tapi yah, kembali lagi ke realita. Pabrikan di Indonesia gak seperti di negara lain seperti di Brazil ini atau yang paling in sekarang India. Pabrikan Indonesia teteep aja bikin motor yang itu itu tok. Apalagi motor ini nggak masuk list ymki. hyiks..

Sebenarnya, gak 250 cc gpp. Basis motor ini mirip2 sama scorpio. Kalau scorpio berbaju Fazer ini, hemm, Tiger bisa klepek klepek. Lawong melawan Vixion aja ngos ngos an. Moga2 aja ada keajaiban. Fazer bisa mengaspal di indonesia.

Honda Tiger baru lagiii (lampunya)

Tiger Baru single lamp (foto diambil dari otomotifnet)

Tanpa ada desas desus yang menghebohkan Honda ternyata mem facelift varian Tigernya. Meskipun.. yaaah.. lampunya tok yang berubah. Namun menurut saya pribadi single lamp ini lebih cakep daripada yang pece. Bisa dilihat digambar penyangga lampu menggunakan desain yang agak besar kesannya lebih kokoh.

Bagaimanakah tanggapan pasar untuk generasi Tiger yang ke - sekian ini? Tiger baru ini boleh dibawa pulang dengan harga Rp 24.890 juta on the road untuk wilayah Jakarta. hemm.. lumayan mahal juga ya?

Worthy gak nya uang 25jt untuk Tiger? Saya pribadi pernah pakai Tiger. Tepatnya Tiger keluaran tahun 2005 warna biru. Menurut saya terlepas dari harganya yang mahal Tiger cukup bagus. kelebihan utama yang saya rasakan motor ini handlingnya enak walaupun badannya bantet. Kestabilannya juga bagus. Walaupun disalip truk gedhe nggak ada gejala limbung karena hempasan angin. Sangat nyaman untuk perjalanan jauh. Untuk rute yang biasa saya lalui sekitar 15o km badan gak pegal. Sampai di tujuan masih bisa prengas prenges bahagia. Hemm.. pingin motor sport lagi... Namun, akhirnya Tiger ini dijual karena tangkinya bocor menggila. Tiger juga enak didandani. Sok depan diturunin dikit, ganti pelek dengan 17 inchi tapak lebar dan ban gendut, wis, cakep dah.

Kekurangan Tiger baru ini yang paling utama menurut saya HARGANYA.... wuiih 25jt kurang dikit! mahalll. Dengan daya maksimum sekitar 16hp, dan teknologi yang kata cintya laura jyadul acch saya rasa harga ini kemahalan. Bandingkan dengan kompetitor sesama Jepang Yamaha Scorpio, atau malah non Jepang seperti TVS Apache atau Bajaj Pulsar.

Namun, nama besar Tiger di masyarakat umum memang sulit ditaklukkan. Mungkin bagi komunitas penggemar motor yang mengikuti perkembangan teknologi terkini motor ini sudah di black list. Namun di masyarakat luas terutama yang konservatif dan beranggapan motor paling awet Honda, motor ini masih dicari.




Sabtu, 05 Juni 2010

Merawat Jaket Kulit




Ampun deh... Jaket kulit saya panuan! Pasti dulu sapi yang kulitnya dijadikan jaket ini gak pernah mandi!hehe.. Bercanda... Nggak tahu kenapa, jaket kulit saya jamuran. Namun akhirnya saya menemukan cara ampuh membasminya! Tenaang, akan saya bagikan pengalaman ini kepada brothers semua.

Banyak dari kita memilih bahan kulit untuk jaket riding. Memang kulit memiliki banyak kelebihan. Bahan ini adem di siang hari, namun hangat di malam hari. Tidak seperti jaket kulit imitasi yang memang hangat di malam hari, namun panasss di siang hari. Namun jaket kulit memerlukan perawatan ekstra.

Yang paling saya suka dari jaket ini yaitu gak boleh dicuci!! (padahal alasan males nyuci hehe..) loh? Terus gimana kalau misalnya basah kehujanan ? atau agak basah karena.. ehem.. keringat? Gampang kok. Diangin anginkan saja. Jangan dijemur di terik matahari! Diangin anginkan di tempat yang sejuk dan terhindar matahari langsung.

Jaket kulit yang basah baunya agak aneh kan? Seperti bau apa ya? Bukan sapi sih.. bau khas kulitnya sangat tajam. Na.. setelah kering diangin – anginkan bisa disemprot dengan pembersih khusus kulit. Saya biasanya pakai merek “pledge”. Jangan kaget! Karena di bagian depannya tertulis untuk mebel. Namun silahkan baca di baliknya, bisa untuk kulit juga kok. Pledge ini beraroma jeruk. Lebih nikmat kan dari pada aroma ketiak brother semua?hehe

Pledge ini juga sering saya gunakan untuk membasmi jamur alias panu di jaket kulit saya. Jamur ini biasanya ngumpet di lipatan – lipatan, misalnya di lipatan ujung lengan, balik kerah, dsb. Tinggal semprot, dilap, diangin – anginkan, beres dah.

Demikian, semoga berguna!

Beli Suzuki APV atau Karimun Estilo Gratis Titan ???? buseeett......



Hari ini saya memang lagi rajin ya?hehe.. setelah memelototi iklan Yamaha, seperti yang saya ceritakan di artikel saya sebelumnya, sekarang giliran iklan Suzuki yang masuk pengamatan saya. Ketika melihat judulnya pasti akan membuat mata melotot beberapa milimeter “Beli Mobil Bonus Motor”. Wuuiihh... program apa lagi nih dari Suzuki. Setelah baca lebih lanjut ternyata yang ditawarkan sebagai hadiah adalah produk terbaru Suzuki yaitu Titan alias tiada tanding.

Beli mobil baru dapat kaca film gratis? banyak...... Dapat GPS gratis? Ah sudah biasa.... CD/Mp3 player / ipod/ hp? Apalagi yang ini.... Naa... Suzuki ngasih motor buat yang beli APV dan Estilo. Wuiihh..... Memang sih ada catatan tertentu, yaitu dengan persyaratan tertentu dan motor hadiah masih off the road.

Hemmm... mari kita mengira - ngira kenapa kok sampai segitunya Suzuki menjadikan Titan ini sebagai hadiah.

Ibarat telur si Titan ini masih hangat, soalnya baru brojol. Berbagai iklan pun bermunculan dengan ujung tombak si prikitiew Sule. Titan ditawarkan dengan harga terjangkau di bawah kompetitornya Vega ZR, Absolute Revo, dan Kawasaki Edge. Titan memang motor murah. Alangkah baiknya kalau tidak menjadikannya murahan. Menurut saya iklan Titan sebagai hadiah ini bagaikan tombak bermata dua. Bisa melukai Suzuki sendiri. Iklan ini bisa menurunkan image Titan. Apakah Suzuki sudah kehabisan ide bagaimana menaikkan penjualan? Kue market suzuki memang semakin lama semakin kecil digerogoti raksasa Honda dan Yamaha. Remah – remahnya pun masih dijadikan rebutan Kawasaki, Bajaj, TVS, Minerva, dlll.

APV dan Karimun Estilo merupakan produk suzuki yang lumayan laris di pasaran. Mungkin Suzuki berharap pamor APV dan Estilo bisa mengerek penjualan Titan.


Kalau produknya mau laku sebenarnya nggak perlu ribet. Bahkan tanpa iklan pun produk itu tetap dicari. Syaratnya, buat produk yang berkualitas. Contohnya saya sendiri. Si Raider 125 tidak pernah ada iklannya. Namun, walaupun harus inden saya bela belain. Pada masa itu masih langka pabrikan yang menawarkan mesin DOHC dan sosok ayam jago. Contoh lain Satria FU150. Iklan nya baru nongol akhir – akhir ini. Harganya pun tidak bisa dikatakan murah. Namun si Satria FU ini banyak sekali berkeliaran di jalan – jalan. Bagaimana dengan Titan? Hemm... maaf, menurut saya kok masih belum ada gregetnya. Kalaupun mengandalkan mesin 115 cc kan sudah ada lebih dulu Vega ZR, dan malah akan semakin menetapkan suzuki sebagai pabrikan pengekor.

Ayo dong Suzuki... Buatlah produk yang bisa bikin mata melotot. Mungkin untuk menaikkan image bisa dengan produk sport. Walaupun segmen nya kecil tapi bisa mendongkrak image. Bikin sport dengan mesin FXR misalnya.. hemmm... 150cc, 21hp, rangka deltabox, kalau mungkin ditambah injeksi, dengan harga mirip2 sama vixion. Pasti konsumen akan lari ke motor ini. Ok?

Iklan Yamaha kok nggak safety riding ya?



Hari ini ketika baca – baca koran saya menemukan sesuatu yang menarik. Yup. Iklan Yamaha mio. Tidak ada yang aneh dengan iklan ini sampai saya menyadari bahwa model yang menaiki motor tersebut tidak memakai helm.

Apakah yamaha sengaja untuk tidak mengenakan helm kepada dua model ini? Mungkin eman – eman kalau wajah cantik sang model nggak kelihatan kalau pakai helm. Seharusnya Yamaha ikut memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai safety riding. Sering lihat iklan Honda di tv kan? Di akhir iklan Afgan dan Nidji tidak lupa mengingatkan untuk memakai helm. Bukannya saya fanatik dengan Honda. Saya bukan pengguna Honda atau bahkan Yamaha. Saya hanya mengapresiasi apa yang dilakukan Honda. Seharusnya Yamaha tidak hanya bersaing dalam hal penjualan. Namun juga bersaing untuk memberikan yang terbaik kepada konsumennya, salah satunya dengan cara memberikan pengetahuan safety riding yang cukup kepada konsumen / calon konsumen.

Apalagi sekarang pemerintah sedang gencar – gencarnya menggalakkan helm sni. Pemerintah dibuat pusing dengan tingginya angka kecelakaan lalu lintas. 70 persen kecelakaan ini melibatkan roda 2.

Menggunakan model wanita untuk campaign safety riding, yang seharusnya dilakukan dalam iklan diatas, sangat tepat. Karena kaum hawa ini sering mengabaikan safety riding untuk urusan sepele. Saya pernah bertanya kepada seorang teman. Saat itu situasi lumayan panas. Saya bertanya kepada teman saya “kok nggak pakai jaket?”. Dia menjawab “Ah nggak ah, ntar nggak keliatan cantiknya”. Gubrak!!.. Ada lagi teman yang lain yang sengaja melepas helm nya ketika berkendara, alasannya : sekalian mengeringkan rambut.

Semoga, iklan – iklan Yamaha selanjutnya nggak begini yah..

Rabu, 02 Juni 2010

Motor + Angkutan Umum Nggak Jadi Dilarang Minum BBM Subsidi

Pemerintah memberikan wacana untuk melarang sepeda motor memakai premium bersubsidi. Belum juga ditindak lanjuti wacana ini terjadi gelo0mbang protes yang keras di masyarakat.

Lagipula menurut saya kok aneh - aneh ya. Kan tahu sendiri komunitas pemilik sepeda motor. Rata - rata masyarakat menengah ke bawah. Kalau pak direktur manajer masak mau panas - panas an kulit jadi item bersepeda motor. Jumlah sepeda motor memang besar jauh lebih banyak dari pada mobil pribadi. Namun apa hanya karena itu serta merta melarang bbm bersubsidi untuk motor? tangki sepeda motor imut - imut pak mentri... seimut kantong dan dompet pemiliknya...

Namun, kemarin saya baca di koran kalau sepeda motor dan angkutan umum tetap diperbolehkan memakai bbm bersubsidi. Akhirnya...

Terima kasih atas kebijakannya bapak mentri yang bersangkutan. Semoga kebijakan ini memang berasal dari akal sehat dan hati nurani tidak semata - mata menghindari kebijakan yang tidak populer supaya partai nya pemilihan berikutnya dipilih lagi.